Picture
1. MEDAN MAGNET 
Gejala kemagnetan dan kelistrikan berkaitan sangat erat. Sifat kemagnetan tidak hanya ditimbulkan oleh bahan magnetik, tetapi juga arus listrik. Pada tahun 1819 Oersted (Hans Christian Oersted, Denmark,1777 – 1851) menemukan bahwa disekitar arus listrik terdapat medan (induksi) magnet.

Arah penyimpangan kutub Utara magnet jarum pada percobaan Oersted ditentukan dengan kaidah tangan kanan Ampere, Yaitu: Jika penghantar yang berarus listrik dibentangkan antara magnet jarum dan tangan kanan, sedangkan arus listrik mengalir dari pergelangan ke ujung jari maka kutub Utara magnet jarum menyimpang searah ibu jari.



Pada dasarnya membuat magnet dapat dilakukan dengan cara menyearahkan magnet-magnet elementernya sehingga teratur dan menunjuk pada satu arah.

Ada 3 cara membuat magnet, yaitu:

  1. Mengalirkan arus listrik searah pada kawat yang dililitkan pada sebatang besi, magnet yang dihasilkan biasanya disebut dengan magnet listrik atau elektromagnet
  2. Menggosok besi atau baja dalam satu arah menggunakan sebuah magnet batang. Kutub magnet yang dihasilkan selalu berlawanan dengan kutub magnet penggosoknya.
  3. Induksi magnet, yaitu ketika batang besi atau baja menjadi magnet akibat sebuah magnet kuat yang berada di dekatnya (tanpa menyentuh).
1.2 GARIS GAYA MAGNET
Garis gaya magnet (spektrum magnetik) merupakan garis khayal yang merupakan lintasan kutub utara magnet-magnet kecil apabila dapat bergerak bebas,memancar dari kutub utara ke kutub selatan, berbentuk radial dan tidak pernah berpotongan

 1.3 KUAT MEDAN MAGNETIK 
Kuat medan magnetik disuatu titik adalah gayamagnetik yang dialami tiap satu-satuan kuat kutub magnet utara di suatu titik yang berada di dalam medan magnetik magnet lain.Kuat medan magnetik yang disebabkan oleh arus listrik disebut dengan induksi magnetik 
Picture

 


Comments




Leave a Reply

    Free U Blackadder Cursors at www.totallyfreecursors.com

    Listrik

    • Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

    Archives

    May 2012

    Categories

    All